Kejari Tebo Musnahkan Sabu-Sabu 54 Gram, Miras dan Senpi

MUARATEBO- Kejaksaan Negeri Tebo, Senin (03/12) melakukan pemusnahan barang bukti dari perkara tindak pidana umum yang telah memiliki kekuatan hukum tetap (inkrah). Barang bukti yang dimusnahkan dari beberapa perkara mulai dari Narkoba, Miras, Perjudian hingga kasus undang-undang berat tentang kepemilikan senjata api.

Kasi Pidum Kejaksaan Negeri Tebo, Haryo Nugroho mengatakan pemusanahan barang bukti yang dilakukan merupakan dari perkara pidana umum yang telah mempujyai kekuatan hukum tetap berdasarkan keputusan pengadilan negeri tebo.

“Ini merupkan pemusnahan barang bukti tindak pidana umum yang telah mendapat putusan pengadilan” ujar Haryo.

Adapun barang bukti yang dimusnahkan kata Haryo, antara lain ialah barang bukti narkoba berupa Sabu-sabu sebanyak 54,74 gram, 1 pucuk senpi rakitan beserta 4 butir amunisi, 61 botol miras, dan dua mesin judi jackpot.

“Untuk BB narkoba ini berasal dari 13 perkara, selebihnya perkara miras, kepemilikan senjata api, dan perjudian” terang Haryo.

Haryo juga menambahkan bahwa barang bukti yang dimusnahkan tersebut merupakan hasil perkara dari Juli hingga November 2018, ” barang bukti ini dikumpulkan dari juli hingga november” tuntas Haryo.

Selain dihadiri langsung oleh Kajari Tebo, Teguh Suhendro, Pemusnahan barang bukti perkara tindak pidana umum tersebut juga dihadiri oleh Kapolres Tebo, Kepala Lapas Tebo, Kepala Dinas Kesehatan Tebo, Danramil 416-05 Muara Tebo, Perwakilan Pengadilan Agama, Pengadilan Negeri, dan para undangan lainnya.

Kepala Kejari Tebo, Teguh Suhendro mengatakan, pemusnahan barang bukti ini adalah rangkaian terakhir dari kasus tindak pidana. Mulai dari penyelidikan, penuntutan, putusan hingga pelaksanaan putusan.

Pemusnahan kali ini, kata dia, adalah yang ketiga kalinya yang dilakukan setiap 4 bulan sekali.

“Pemusnahan barang bukti ada berbagai macam, ada yang dirampas untuk negara dan nantinya akan di lelang, ada di kembalikan ke pemilik dan ada juga yang dirampas untuk dimusnahkan seperti yang kita lakukan hari ini, “ pungkas Kajari.

Comments

comments

Related posts

Leave a Comment