Dukcapil Musnahkan 9570 KTP-El Rusak

MUARATEBO – Sebanyak 9.570 keping e-KTP Selasa (18/12) kemarin dimusnahkan oleh pihak Dukcapil Tebo. Kegiatan pemusnahan e-KTP tersebut langsung dipimpin oleh Sekda Tebo, Teguh Arhadi.

Kepada awak media, Teguh Arhadi mengatakan bahwa pemusnahan 9.750 keping e-KTP yang rusak ini agar tidak disalahgunukan pihak yang tidak bertanggung jawab. selain itu, pemusnahan tersebut juga merupakan intruksi dari kementerian.
“selain agar tidak disalah gunakan, pemusnahan e-KTP ini juga merupkan intruksi dari kementerian” ujar Sekda.

“Selain yang rusak, e-KTP yang dimusnahakan ini juga yang invalid, dan yang perubahan elemen data,” tambah Sekda.

Teguh Arhadi merincikan, 9.570 keping e-KTP yang dimusnahkan oleh Dukcapil Tebo berasal dari e-KTP yang rusak, invalid, dan perubahan elemen data sejak tahun 2012 lalu hingga Jumat 12 Desember 2018 kemarin.

“ini yang dimusnahkan hari ini, merupkan hasil yang dikumpulkan sejak tahun 2012 lalu” terang Sekda.

Hal senada juga disampaikan oleh
Bekti Fery Densi, Kabid Dukcapil Dinas Dukcapil Tebo. Dirinya mengatakan bahwa pemusnahan e-KTP yang rusak ini merupakan intruksi dari kementerian. sebelumnya kata Bekti bahwa pihak kementrian mengintruksi untuk dikumpulkan dan dikirim ke pusat, kemudian sebelum dikirimn diminta memotong terlebih dahulu. namun sebelum sempat dikirim, kementerian mengintruksikan lagi untuk dibakar atau dimusnahkan.

“Pemusnahan ini merupakan intruksi kementerian, sebelumnya diintruksi minta dikumpulkan dan dipotong kemudian dikirim ke kementerian, namun belum mendapat intruksi kapan dikirim, datang intruksi lagi semua ini harus dibakar atau dimusnahkan” jelas Bekti.

9.570 keping e-KTP yang dimusnahkan tersebu kata Bekti adalah hasil yang dikumpulkan di kantor Dukcapil Tebo dan tidak termasuk dari pihak kecamatan, “ini khusus di Dukcalip, untuk di kecamatan masih kita kumpulkan dan nanti juga akan kita lakukan pemusnahan” tuntas Bekti.

Comments

comments

Related posts

Leave a Comment